(022) 7206214
OBITUARI :  MOCH. DANNY SUKARDAN, S.Teks (10 Agustus 1962 - 8 November 2023)

OBITUARI : MOCH. DANNY SUKARDAN, S.Teks (10 Agustus 1962 - 8 November 2023)

  • Kategori: Berita
  • Tanggal 09-11-2023

Mochamad Danny Sukardan, S.Teks, lahir di Bandung, 10 Agustus 1962, adalah sosok yang memiliki karisma dan cerita baik di sepanjang karir dan hidupnya. Setelah lulus dari program studi Teknik Tekstil Institut Teknologi Tekstil pada tahun 1988, beliau meniti karir sebagai Pegawai Negeri Sipil di Balai Besar Tekstil. Berawal dari Laboratorium Pengujian Tekstil, beliau memilih jalur jabatan fungsional peneliti tekstil dan secara istiqamah melakukan kegiatan penelitian hingga pada akhir masa purnabhakti, beliau mencapai jenjang Peneliti Ahli Madya.

Salah satu hasil dedikasi penelitiannya, yang hingga saat ini masih terus dikembangkan oleh peneliti-peneliti lintas instansi, adalah pengolahan serat alam Calotropis gigantea, atau serat Biduri. Inisiasi beberapa tokoh peneliti di Balai Besar Tekstil terkait potensi serat alam ini telah dieksplorasi dan diolah menjadi serat tekstil. Tidak banyak orang yang optimis pada saat itu, namun dengan kegigihan dan dedikasi Bapak Danny Sukardan untuk mengenalkan serat biduri pada dunia akademisi, komunitas, serta industri, sehingga kegiatan-kegiatan penelitian terkait serat ini semakin bergulir. Semoga ini menjadi amal jariyah beliau yang dapat terus mengalir, seindah dan seluas hamparan kebun-kebun Biduri yang telah dibudidayakan di beberapa daerah oleh komunitas agrikultur lokal.

Dalam garis struktur organisasi, beliau turut membersamai kemajuan layanan Balai Besar Tekstil, melalui sumbangsih beliau sebagai Kepala Seksi Pengujian (2007),Kepala Bidang Pengujian, Sertifikasi dan Kalibrasi (2009), Kepala Bidang Pengembangan Jasa Teknik (2011), serta Kepala Bidang Sarana Riset dan Standardisasi (2016). Sosok yang santai namun detail dalam pemeriksaan pekerjaan tim yang dipimpinnya, menjadikan beliau sosok pemimpin yang dekat dengan siapapun, serta terbuka dalam diskusi baik terkait pekerjaan maupun solusi permasalahan yang dihadapi kolega industri.

Semangat beliau dalam melayani, memberi informasi, dan mencari solusi adalah hal yang telah menginspirasi generasi muda. Salah satunya, saat Karang Taruna dari Desa Nunuk Baru Majalengka datang untuk berkonsultasi terkait kapas honje yang sedang diupayakan untuk dibudidayakan. Beliau langsung turun ke lapangan, melihat proses pengolahan kapas yang masih sangat tradisional, serta memberikan dukungan dan arahan dalam mengambil peran budidaya serat alam. Demikian pula dengan banyaknya IKM tekstil yang datang untuk diskusi berbagai permasalahan bersama beliau, yang senantiasa didengarkan dan didiskusikan.

Selamat jalan Bapak Moch. Danny Sukardan, S.Teks.

Semangat Bapak akan selalu menjadi inspirasi dan referensi bagi seluruh pegawai BBSPJI Tekstil untuk dapat terus melayani dan memberikan solusi bagi industri TPT.

Kesederhanaan, kehangatan, dan kecintaan Bapak terhadap lagu-lagu lawas, akan menjadi kenangan yang kami rindukan.

Semoga perjalanan hidup Bapak di dunia tercatat sebagai pemberat amalan Bapak di akhirat.

Terimakasih atas seluruh dedikasi yang telah Bapak berikan bagi BBSPJI  Tekstil, demi kemajuan industri tekstil Indonesia. (humas/eo)

Komentar