(022) 7206214
Biodegumming Serat Ulap Doyo Berhasil Raih Juara Pertama Dalam Textile Innovation Award 2022

Biodegumming Serat Ulap Doyo Berhasil Raih Juara Pertama Dalam Textile Innovation Award 2022

  • Kategori: Berita
  • Tanggal 31-12-2022

Di penghujung tahun 2022, tim BBSPJI Tekstil berhasil meraih prestasi Juara I dalam ajang Textile Innovation Award (TexNovA) 2022 yang diselenggarakan oleh PT. Ever Shine Tex Tbk. and PT. Primarajuli Sukses tanggal 17 Desember 2022. Dalam event yang mengangkat tema "Green and Sustainable" , tim yang dipimpin oleh DR. Rr. Srie Gustiani, ST., MT. memperkenalkan teknologi biodegumming serat alam yang lebih ramah lingkungan yang telah dimanfaatkan oleh komunitas pengrajin kain tenun Ulap Doyo di Kutai Barat, Kalimantan Timur. 

Ulap Doyo merupakan produk hijau (bahan baku dari alam) yang mendukung pengurangan karbon dan ramah lingkungan. Namun serat doyo yang dihasilkan masih memiliki sifat kaku dan keras, hal ini disebabkan oleh kandungan lignin, pektin, dan hemiselulosa yang tinggi pada serat ini. Meskipun proses biodegumming lebih lama dibandingkan proses degumming secara kimiawi, namun hasilnya jauh lebih baik. Optimalisasi biodegumming dapat mereduksi lignin secara signifikan dan meningkatkan kadar selulosa. Hal ini berdampak pada kualitas penyerapan zat warna alam sehingga warna yang muncul lebih solid dan cerah. 

Prestasi ini disambut baik oleh Kepala BBSPJI Tekstil, Bapak Cahyadi. Beliau mengungkap bahwa BBSPJI Tekstil mengembangkan gugus fungsi kepakaran yang siap memberikan solusi industri melalui kegiatan-kegiatan optimalisasi pemanfaatan teknologi.

"Kualitas mutu produk kain tenun IKM dapat meningkat dan produk akan semakin digemari oleh masyarakat, karena kualitas warnanya menjadi lebih baik serta handfeel kain yang lebih lembut dan tidak kasar. Nilai tambahnya, tidak ada kandungan zat kimia berbahaya karena prosesnya tidak melalui mekanisme kimiawi. Diharapkan mampu memenuhi standar peraturan-peraturan yang berlaku terkait hal ini." imbuhnya. (humasbbt)

Komentar