PDDC (Product Development and Design Center)

Inovasi sangat erat hubungannya dengan entrepreneurship atau kewirausahaan. Inovasi adalah suatu fungsi khusus dari entrepreneurship, yakni kegiatan yang membawa sumberdaya dengan kapasitas baru untuk menciptakan kesejahteraan. Hal terpenting dari suatu inovasi sebagai dasar keilmuan adalah gagasan, penerapan, dan kegunaan. Seorang entrepreneur (wirausahawan) adalah innovator yang menggabungkan teknologi yang berbeda dan konsep-konsep bisnis untuk menghasilkan barang atau jasa baru, yang mampu mengenali setiap kesempatan yang menguntungkan, menyusun  strategi, dan yang berhasil menerapkan ide-idenya.
Hubungan langsung antara lembaga penelitian dengan dunia usaha adalah dalam proses menjadikan sebuah konsep teknologi menjadi sebuah produk yang bernilai komersial. Dalam proses ini sedikitnya ada 3 tahapan yang harus dilalui, yaitu:

  • Pembuatan prototype fungsional (skala laboratorium)
  • Pembuatan prototype dalam skala pilot project
  • Pembuatan prototype komersial (skala produksi massal/pabrikan)

Program PDDC:

  • Program kerjasama litbang baik nasional maupun internasional
  • Program sosialisasi dalam bentuk wisata kunjungan tekstil publik
  • Produksi Tekstil dan Produk Tekstil (TPT) dalam skala kecil
  • Kemitraan dengan Industri Kecil dan Menengah (IKM) dalam hal promosi produk kreatif

Fasilitas PDDC:

  • Area lounge untuk Business Meeting / R&D Relationship
  • Coffee Shop
  • Showroom tekstil tradisional dan modern
  • Ruang desain dan eksperimen
  • Area demo proses pemintalan
  • Area demo proses pertenunan
  • Area demo proses perajutan

Produk Kreatif
Balai Besar Tekstil sebagai salah satu lembaga riset pada bidang tekstil, mencoba mengambil peranan dalam pengembangan produk kreatif, melalui program PDDC. Salah satu produk kreatif yang dapat dihasilkan dan saat ini sangat pesat perkembangannya di pasaran adalah produk fashion, yang diperoleh melalui pemilihan bahan baku yang memiliki karakteristik tertentu, modifikasi mesin proses, teknologi fashion desain maupun pengembangan teknik pembuatannya yang melibatkan unsur kreativitas dari tenaga ahli potensial yang dimiliki oleh PDDC-BBT.

Material Baru Tekstil
Material baru tekstil adalah istilah yang telah dibakukan untuk menunjuk produk-produk tekstil yang lebih mengutamakan fungsi dan unjuk kinerja. Material baru tekstil merupakan pengembangan dari material tekstil dan produk tekstil yang sudah ada sebelumnya, yang bersifat lebih baik dan lebih baru. Teknologi proses dilakukan dengan berbagai cara, misalnya melalui teknologi nano, teknologi komposit, dll. PDDC memiliki strategi pengembangan di bidang material baru tekstil di antaranya produk komposit dari serat rami/kelapa, geotekstil dari serat kelapa, dan membran/filter serat alam.

Tekstil Medis
Saat ini, teknologi pembuatan serat untuk keperluan medis dan keperluan khusus lainnya sangat bergantung kepada kebutuhan masyarakat. Perkembangan di bidang smart and interactive textileini berkembang dengan pertumbuhan rata-rata per tahun diproyeksikan sebesar 36% sampai tahun 2009. Pangsa pasar khusus, termasuk tekstil medis diperkirakan akan berkembang lebih pesat lagi. Di bidang tekstil medis, Balai Besar Tekstil telah melakukan beberapa penelitian, antara lain pembuatan benang bedah (suture) dari chitosan, pembuatan benang alginat dan membran alginat sebagai bahan untuk pembalut luka primer (primary wound dressing) serta pembuatan pembalut luka berskala nano dari bahan PLA (Poly Lactic Acid). Sedangkan penelitian yang sedang dilakukan antara lain pembuatan membran chitosan dan nano komposit alginat untuk keperluan pembalut luka primer.