Kalibrasi

Laboratorium Kalibrasi Balai Besar Tekstil telah berpengalaman melaksanakan kalibrasi peralatan uji baik yang dilakukan di lapangan (di pabrik terkait) maupun untuk peralatan yang di kalibrasi di Laboratorium Kalibrasi Balai Besar Tekstil, Instrumen yang mampu kami uji mayoritas mencakup seluruh peralatan lazimnya ditemukan pada industri Tekstil dan Produk Tekstil.
Laboratorium Kalibrasi Balai Besar Tekstil telah memperoleh akreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) sehingga pada sertifikat yang didapatkan akan tercantum logo KAN.


Standar Pelayanan Minimum Layanan Jasa Kalibrasi

JUMLAH ALAT YANG DIKALIBRASI

WAKTU PENYELESAIAN SERTIFIKAT

SATUAN

1 – 5 5 hari kerja
6 – 10 10 hari kerja
11 – 25 20 hari kerja
26 – 40 30 hari kerja
> 40 60 – 90 hari kerja

Alur Layanan Jasa Kalibrasi (di Laboratorium)
1.    Pelanggan membuat permohonan Layanan Jasa pengujian baik datang langsung maupun melalui e-mail/surat penawaran
2.    Pelanggan menyerahkan alat yang akan dikalibrasi ke Seksi Kerjasama
3.    Seksi Kerjasama memeriksa alat yang akan dikalibrasi apakah dalam keadaan normal atau rusak dan apakah memungkinkan untuk dikalibrasi
4.    Seksi Kerjasama membuat rincian harga kalibrasi dan estimasi waktu penyelesaian
5.    Seksi Kerjasama mengajukan pemohonan kepada Bendahara Penerima untuk menerbitkan kode E-Billing sesuai rincian harga
6.    Bendahara Penerima menerbitkan kode E-Billing dan jumlah yang harus dibayarkan
7.    Seksi Kerjasama menginformasikan kepada pelanggan kode E-Billing dan jumlah yang harus dibayarkan
8.    Pelanggan melakukan pembayaran di Bank atau Kantor Pos
9.    Bendahara Penerima melakukan validasi pembayaran
10.  Seksi Kerjasama melakukan pembuatan Work Order
11.  Seksi Kerjasama melakukan identifikasi alat berupa pemberian nomor work order pada alat
12.  Seksi Kalibrasi melaksanakan kegiatan kalibrasi
13.  Seksi Kalibrasi menerbitkan Sertifikat
14.  Seksi Kerjasama mencatat Sertifikat dan mengganti tanggal selesai di SIL sesuai tanggal yang tertera di Sertifikat
15.  Seksi Kerjasama memberitahukan kepada pelanggan bahwa sertifikat telah selesai dan dapat diambil atau dikirimkan melalui jasa pengiriman

Alur Layanan Jasa Kalibrasi (di Pabrik)
1.    Pelanggan membuat permohonan Layanan Jasa Kalibrasi baik datang langsung maupun melalui e-mail/surat penawaran
2.    Seksi Pemasaran membuat surat penawaran kalibrasi
3.    Pelanggan menyerahkan surat persetujuan dilakukan kalibrasi
4.    Seksi Kerjasama membuat rincian harga kalibrasi serta estimasi waktu penyelesaian
5.    Seksi Kerjasama mengajukan pemohonan kepada Bendahara Penerima untuk menerbitkan kode E-Billing sesuai rincian harga
6.    Bendahara Penerima menerbitkan kode E-Billing dan jumlah yang harus dibayarkan
7.    Seksi Kerjasama menginformasikan kepada pelanggan kode E-Billing dan jumlah yang harus dibayarkan
8.    Pelanggan melakukan pembayaran di Bank atau Kantor Pos
9.    Bendahara Penerima melakukan validasi pembayaran
10.  Seksi Kerjasama melakukan pembuatan Work Order
11.  Seksi Kalibrasi melaksanakan kegiatan kalibrasi di pabrik sesuai jadwal
12.  Seksi Kalibrasi menerbitkan Sertifikat Kalibrasi
13.  Seksi Kerjasama mencatat Sertifikat dan mengganti tanggal selesai di SIL sesuai tanggal yang tertera di Sertifikat
14.  Seksi Kerjasama memberitahukan kepada pelanggan bahwa sertifikat telah selesai dan dapat diambil atau dikirimkan melalui jasa pengiriman

Instrumen yang dikalibrasi:

  • Tensile Strength Tester – ISO – 7500-1:2004/Cor.1:2008(E);ASTM D 5035-2006;NIST Recommended Practice Guide 960-12:2004; JIS B 7516-2005
  • Tearing Strength Tester – ASTM D 1424-2009 ; JIS B 7516-2005
  • Mass The Calibration of Weights and Bala