Tungku Pembakaran Batubara Kalori Rendah

Oleh : M.Furqon, Darmansyah Djamus, Adang Purnama, Moekarto Muliono, Deddy Rachman Sumadi

Penelitian ini meliputi kegiatan rancang bangun dan perekayasaan Tungku Fluidized Bed Sirkulasi pada pembakaran batubara kalori rendah (Lignit) untuk menghasilkan efisiensi pembakaran dan ramah lingkungan.
Tungku pembakaran ini merupakan pengembangan tungku pembakaran batubara yang dipergunakan oleh industri khususnya industri tekstil yang umumnya masih menghasilkan limbah padat batubara berupa fly ash dan bottom ash yang masih mengandung karbon cukup tinggi yaitu > 15% dari total jumlah abu. Kondisi ini mengindikasikan efisiensi pembakaran tidak optimal, emisi gas NOx (600 ppm) dan SOx (400 – 500 ppm).
Jenis batubara yang digunakan di industri selama ini adalah jenis bituminus atau semibituminus dengan nilai kalori antara 5.300 – 6.000 kkal/kg, sedangkan jenis kalori rendah (lignit) masih belum banyak dimanfaatkan, sementara itu jenis batubara lignit merupakan cadangan batubara di Indonesia yang paling besar > 61%.
Melalui pemakaian-pemakaian Tungku Pembakaran Fluidized Bed Sirkulasi, batubara kalori rendah (lignit) dapat digunakan dengan efisiensi pembakaran tinggi (> 97%), limbah padat dan emisi gas buang rendah. Kondisi ini dapat dicapai karena pembakaran pada Tungku Fluidized Bed Sirkulasi limbah padat berupa bottom ash dan fly ash diumpankan kembali sebagai bahan bakar sekunder tungku.

Komentar

Budi Dooremi

Selasa, 8 Agustus 2017 | 22:20 WIB
Heloo World Gan !!!!

Asep Saepudin

Selasa, 17 Juli 2018 | 17:59 WIB
bapak asep yang bikin artikel namanya sama ya?